Selasa, 11 Desember 2018

CARA MENGHUBUNGKAN DOMAIN DENGAN VPS MENGGUNAKAN CUSTOM NAMESERVER

Kali ini kita akan membahas bagaimana menghubungkan domain kita dengan VPS yang kita punya.Pada pengalaman admin nih sudah berlangganan VPS yang standar buat keperluan belajar dan ngoprek, sama nyobain IPv6, buat temen-temen yang juga minat bisa coba berlangganan DISINI.

Admin sendiri berlangganan yang paling minim (standar) dengan spek RAM 512 Dana Hdd 20 Gb. 
Jadi cerita nya admin punya VPS tapi gak sewa domain, pas mau ambil certied IPv6, ternyata butuh Domain (level anthusiast), niatnya mau nyoba yang gratisan tapi lagi gangguan kayaknya,jadi daripada kelamaan nunggu mending sewa yang standar standar aja gak apa-apa, jadinya admin sewa domain ajeflab.tech (kebetulan lagi diskon besar-besaran) jadinya kayak nemu durian jatuh hehe.Untuk temen-temen yang tertarik sewa juga bisa klik DISINI
.
Oke kabanyakan curhat malah gak ada materinya.kasusnya adalah karena beda tempat sewa antara Domain dan VPS, admin harus menghubungkan sendiri domain dengan VPS yang dah ada.Di VPS admin install Ubuntu Server 14.04 (bisa debian atau Ubuntu versi lainnya juga), sempet bingung juga kemarin nyari tutorial nya karena baru pertama juga mainan server yang online, biasanya lokalan aja hehe.

Ada beberapa cara menghubungkan VPS dengan domain diantaranya :

1.Menggunakan A Record 
Selain mudah, cara menghubungkan domain ke VPS via A record ini memungkinkan Anda untuk mengubah A record terkini di authoritative DNS zone. Ini berarti A record switch harus dilakukan di DNS zone, ke mana nameserver mengarahkan.Jika Anda memilih cara mengarahkan domain ke VPS dengan metode ini, maka file DNS zone dan semua entry lainnya yang ada (CNAME, MX, NS, dan record lain) akan tetap tersimpan di provider saat ini.

2.Menggunakan Custom Nameserver
Metode ini nantinya akan mengganti lokasi DNS zone ke VPS. Itu berarti semua hal terkait DNS ke depannya harus dibuat melalui zone yang baru saja dibuat.

Nah kali ini karena admin dah install Ubuntu Server jadinya admin akan mencoba cara yang kedua .Langsung saja ke tutorialnya :
1.Install Ubuntu Server/Debian Server di VPS yang sudah ada.
2.Install package DNS yang dibutuhkan yaitu Bind9 :

"   #apt-get install bind9 "




3.Buat Custom Nameserver
Terlebih dulu buat child nameserver untuk domain . Tiap entry harus diarahkan ke alamat IP dedicated VPS. Biasanya dapat dirubah di manajemen domain.

4. Buat DNS Zone di VPS
Langkah selanjutnya dari cara menghubungkan domain ke VPS via custom nameserver adalah membuat DNS zone untuk domain di vps. Buatlah koneksi ke VPS via SSH dan jalankan:


Lalu login sebagai Root,
1.Silahkan masuk ke directory Bind :
"#cd /etc/bind "
2.Buat folder terpisah untuk DNS Zone :
"#mkdir –p zones"
3.Masuk ke directory yang baru saja dibuat :
"#cd /zones"
4.Lalu buat file dengan untuk domain :
"#nano ajeflab.tech"

Lalu tambahkan  script berikut, silahkan klik disini untuk download :


Selanjutnya simpan dengan tekan Ctrl + X lalu tekan Y lalu Enter.

5.Lalu edit file named.conf.local :
"#nano named.conf.local "
Lalu tambahkan script berikut, klik disini untuk download :


Selanjutnya saya sarankan untuk menggunakan forwarder DNS yang stabil. Pada contoh di bawah ini, admin akan menggunakan Google Public DNS dengan mengedit file named.conf.options:

"#nano named.conf.options"
Cari line dibawah ini


Lalu ubah menjadi seperti ini :


Semua value yang dibutuhkan telah ditambahkan. Cek kembali jika syntax file DNS zone sudah benar. Jalankan command ini untuk mengecek syntax file:

"#named-checkzone hostinger-tutorials.xyz /etc/bind/zones/hostinger-tutorials.xyz"
Jika task sudah benar, maka outputnya akan seperti ini :


 Restart DNS bind service dan pastikan jika DNS berjalan dengan baik:
"#/etc/init.d/bind9 restart"
"#/etc/init.d/bind9 start"

7.Merubah NameServer
Karena semua informasi yang dibutuhkan sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya sekaligus langkah terakhirnya adalah mengganti nameserver domain dengan nama yang baru. Biasanya dapat dilakukan di menu management Domain .


Untuk Propagasi DNS biasanya memerlukan waktu paling lama 24 jam, jadi anda bisa menunggu terlebih dahulu, Untuk mempercepat prosesnya, lakukan flush DNS dan bersihkan cache browser. Anda juga bisa menggunakan tool online DNS checkup untuk mengonfirmasi fungsionalitas zone yang baru saja dibuat. Setelah DNS selesai dipropagasi, Anda akan melihat halaman loading default ketika domain dibuka melalui browser.


Sekian pembahasan kita kali ini, Jika ada pertanyaan, pendapat, dan saran terkait cara menghubungkan domain ke VPS, silakan untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah ini!!!