Kamis, 06 Desember 2018

DNS SPOOFING MENGGUNAKAN MIKROTIK

DNS di router digunakan router untuk fitur web-proxy, DHCP server dan hotspot. Enable “Allow Remote Requests” agar router dapat menjadi DNS cache.DNS cache menjadikan router seolah-oleh menjadi DNS server, sehingga akan meminimalis proses resolve domain dari client agar tidak perlu ke DNS server yang lebih jauh.
Saat kita mengakses sebuah domain di browser, maka domain akan mentranslasikan menjadi IP.Karena computer hanya mengenal angka (biner), sedangkan kita (brain) berinteraksi melalui nama/domain saat mengakses sebuah website.


sumber gambar dari http://www.ar.itb.ac.id/


Dengan menggunakan DNS Spoofing kita dapat memanipulasi IP dari sebuah domain, Contoh saat kita mengakses www.testajef.com yang memiliki IP 10.10.10.1, kita dapat merubah IP tersebut menjadi  10.10.10.100 (fake login web server IP).

1.Konfigurasi mikrotik agar terkoneksi dengan internet,


2.Pastikan  Allow Remote Request kita yes



3.Konfigurasi Access Point dengan mode AP Bridge, agar semua client dapat terhubung dengan mikrotik dan komputer kita.



4.Buat DHCP Server dari koneksi  interface wlan1









5.Konfigurasi DNS Spoofing


6.Buat rule transparent DNS (TCP & UDP) 


Berikut Rule Firewall NAT dari konfigurasi diatas


7.Biarkan user client terkoneksi ke Wifi  anda.Saat mereka mengakses situs dengan domain www.testajef.com maka akan di redirect ke fake web server yang ada di laptop kita.




Dengan menggunakan DNS Spoofing ini kita dapat mengelabuhi user client yang tidak jeli saat mengakses sebuah situs dengan domain, dan tentu hal ini dapat menjadi serangan atau ancaman jika di salah gunakan oleh orang-orang yang memiliki kepentingan pribadi seperti pada, situs social media, bank, Forum, website palsu dan juga bisa digunakan untuk mengirim/menyebarkan malware yang berbahaya untuk perangkat kita.

Salah satu langkah antisipasi adalah jangan terlalu mudah percaya dengan free wifi atau sejenisnya agar terhindar dari hal tersebut.
Sekian dari admin, semoga bermanfaat.


Referensi :
-Materi presentasi MUM Michael-Takeuchi