Rabu, 05 September 2018

NETINSTALL Router Mikotik



Netinstall adalah proses install ulang sebuah sistem operasi pada perangkat router mikrotik, dan pada prinsipnya sama seperti kita install ulang pada komputer namun tetap terdapat perbedaan.Sama pada perangkat elektronik lainnya, router mikrotik juga biasanya terjadi kendala yang menimbulkan masalah, contohnya ethernet tidak berfungsi, lampu tidak menyala, mac address tidak terdeteksi di winbox (Pengalaman saya) yang kadang membuat kita berpikir, apakah routerboard kita rusak?

Nah menurut pengalaman saya, bisa jadi hal yang kita duga tersebut tidak benar karena ada satu cara yang bisa kita lakukan atau yang bisa kita coba, tapi ya gak menjamin 100% berhasil ya,tapi setidaknya kita dah berusaha.

Kenapa harus melakukan NETINSTALL ? 

Netinstal biasa digunakan untuk melakukan install ulang RouterBoard / PC Router yang sudah support net-boot dan menjaga agar lisensi yang ada tidak hilang.Biasanya masalah seperti lupa username atau password login router namun kita tidak bisa melakukan hardreset pada mikrotik maka jalan satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan Install ulang router anda.Selain itu karena ada masalah pada router seperti tidak berfungsinya beberapa Ethernet dan lain lain, maka solusi terakhir yang bisa dilakukan adalah netinstall. 

Langkah-langkah melakukan netinstall : 

1) Download program netinstall dan package yang dibutuhkan, pada situs resmi mikrotik atau bisa klik Disini



2) Hubungkan Ethernet laptop anda via Ethernet 1 pada Router atau boot interface (console) pada router anda. 



3) Jalankan program Netinstall.exe yang sudah anda download, lalu aktifkan Netboot Protocol (BootTP) 

- Isikan IP untuk Router untuk Boot melalui ethernet. 


-Lalu konfigurasi IP laptop anda satu segment dengan IP Router yang anda tentukan pada Net Booting 


4) Reset router untuk masuk mode netinstall 

- Tekan tombol reset selama 15 detik 
- Untuk router yang memiliki console port,boot sequence dirubah menjadi boot to ether melalui firmware/BIOS 

Pastikan Storage dari Router anda muncul, jika tidak muncul, disable firewaal pada laptop anda dan matikan antivirus yang terpasang pada laptop anda. 


5) Setelah router anda muncul di aplikasi netinstall,pilih perangkat lalu browse ke folder RouterOS yang akan diinstall disimpan.Pilih package yang akan diinstall,kemudian klik tombol install. 



6) Selanjutnya pilih paket yang ingin anda install, lalu klik Install dan Tunggu proses hingga selesai, router anda akan restart.Atau pilih routerOS yang anda download jika anda menggunakan RouterOS Main Package. 



7) Masuk kembali ke winbox dan anda bisa melihat versi routerOS anda sudah berubah.Login sebagai admin dan restore konfigurasi (Jika ada backupnya) 



Beberapa kendala yang umumnya ditemui saat melakukan netinstall biasanya : 

- Storage routerOS tidak muncul biasanya disebabkan karena windows firewall dan windows defender pada laptop anda masik aktif, pada sebagian laptop setelah kita disable namun masih tetap tidak muncul perlu dilakukan restart computer.Selain itu Adanya antivirus yang terpasang pada laptop anda perlu anda disable terlebih dahulu. 

- Proses Install tidak berjalan biasanya disebabkan karena versi netinstall kita terlalu lama, atau versi netinstall tidak sesuai dengan package RouterOS yang akan kita install.

Oke kawan, gimana bisa yaaa, mungkin buat teman-teman yang masih menemukan kesulitan bisa komentar dibawah atau chat via Whatsapp, dan mungkin sampai disini dulu pembahasan kita seputar mikrotik, nantikan artikel menarik lainnya, follow dan share buat dapet informasi tentang artikel terbaru menarik lainnya.